Shalat Lebih Baik daripada Baca Blog Ini !

Selamat Datang di Situs Informasi kerja dan lowongan kerja terbaru di Indonesia

175 Lowongan CPNS Kementrian Luar Negeri Siap Pendaftaran

Posted by Lowongan Kerja terbaru Desember 2016 on Monday, September 8, 2014

Tentang Kementrian Luar Negeri
Kementrian Luar Negeri Didirikan pada zzaman kemerdekaan sekitar tahun 1945 adapun sejarah dari Kemenlu adalah sebagai berikut (http://www.kemlu.go.id/Pages/History.aspx?l=id)

1945-1950 :
Tugas utama Kemlu melalui diplomasi :
  1. Mengusahakan simpati dan dukungan masyarakat internasional, menggalang solidaritas teman-teman disegala bidang dan dengan berbagai macam upaya memperoleh dukungan dan pengakuan atas kemerdekaan Indonesia
  2. Melakukan perundingan dan membuat persetujuan :
  • Persetujuan Linggarjati – pengakuan atas RI meliputi Jawa dan Madura
  • 1948 Perjanjian Renville – pengakuan atas RI meliputi Jawa dan Sumatera
  • 1949 Perjanjian KMB – Indonesia dalam bentuk negara Federal > 1950 Diplomasi Indonesia berhasil mengembalikan keutuhan wilayah RI dengan membatalkan Perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB)
 Masa 5 tahun pertama kemerdekaan Indonesia merupakan masa yang menentukan dalam perjuangan penegakan kemerdekaan yang merupakan bagian sejarah yang menentukan Karakter atau Watak politik luar negeri Indonesia.
Semangat Diplomasi Perjuangan yang memungkinkan Indonesia pada akhirnya meraih dukungan luas masyarakat internasional di PBB pada tahun 1950
1966-1998 :
Tugas diplomasi Kemlu yang menonjol antara lain :
  1. Pengakuan Irian Barat
  2. Pengakuan terhadap Indonesia sebagai negara kepulauan dalam perjuangan hukum laut - UNCLOS (United Nation Convention on Law of the Sea)
  3. Meningkatkan Kerjasama ASEAN
  4. Mencari Pengakuan internasional thd Timtim
  5. Ketua Gerakan Non Blok untuk memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang
  6. Ketua APEC dan G-15
  7. Meningkatkan kerjasama pembangunan
1998 – Sekarang :
Tugas utama Kemlu diarahkan untuk :
  1. Memagari potensi disintegrasi bangsa
  2. Upaya membantu pemulihan ekonomi
  3. Upaya peningkatan citra Indonesia
  4. Meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan WNI
Dan Kini Pada Tahun 2014 Kemenlu membuka Lowongan CPNS sebanyak 175 Formasi dan memanggil Putra Putri Terbaik NKRI untuk menduduki Formasi sebagai berikut:
NO. NAMA
JABATAN
KUALIFIKASI
PENDIDIKAN
GOL./RUANG JUMLAH
ALOKASI
RENCANA PENEMPATAN
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
1 DIPLOMAT S1 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/ Ilmu Hukum/Ekonomi/Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat/Ilmu Sastra & Budaya IIIA 100 SEKRETARIAT JENDERAL
2 DIPLOMAT S2/S3 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/ Ilmu Hukum/Ekonomi/Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat/Ilmu Sastra & Budaya IIIB/ IIIC 50 SEKRETARIAT JENDERAL
3 PENGADMINISTRASI KEUANGAN D3 Akuntansi/ Manajemen/ Administrasi Negara/ Administrasi Niaga IIC 7 SEKRETARIAT JENDERAL
4 PENGADMINISTRASI ANGGARAN D3 Akuntansi/ Manajemen/ Administrasi Negara/ Administrasi Niaga IIC 6 SEKRETARIAT JENDERAL
5 BENDAHARA D3 Akuntansi/ Manajemen/ Administrasi Negara/ Administrasi Niaga IIC 6 SEKRETARIAT JENDERAL
6 VERIFIKATOR KEUANGAN D3 Akuntansi/ Manajemen/ Administrasi Negara/ Administrasi Niaga IIC 6 SEKRETARIAT JENDERAL
 Jumlah 175

 I. PERSYARATAN UMUM PELAMAR
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun (tanggal lahir 1 Desember 1996 dan sebelumnya) dan berusia maksimum:a. 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2014 (tanggal lahir 1 Desember 1986 dan setelahnya) untuk tingkat Diploma (D-3) dan Sarjana (S-1); b. 32 tahun pada tanggal 1 Desember 2014 (tanggal lahir 1 Desember 1982 dan setelahnya) untuk tingkat Magister/Master (S-2); c. 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2014 (tanggal lahir 1 Desember 1979 dan setelahnya) untuk tingkat Doktor (S-3).
  3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
  6. Sehat jasmani dan rohani.
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah, termasuk di negara/wilayah yang rawan     secara politik, ekonomi maupun keamanan.
  8. Bersedia tidak mengundurkan diri selama Diklat SEKDILU dan menjalani ikatan dinas selama 5 (lima) tahun sejak selesai Diklat.
II. PERSYARATAN KHUSUS DIPLOMAT
  1. Berijazah Sarjana (S-1), Magister/Master (S-2), atau Doktor (S-3): a. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Politik, Studi Kawasan, Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Ilmu Pemerintahan dan   Administrasi Negara)b. Ilmu Hukum (Hukum Internasional, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Bisnis, Hukum Lingkungan, Hukum Tata Negara, dan Hukum Administrasi  Negara). c. Ilmu Ekonomi dan Bisnis (Ilmu Ekonomi, Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi) d. Ilmu Pengetahuan Budaya/Sastra (Arab, Mandarin, Inggris, Jepang, Perancis, Rusia).
  2.  Lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang program studinya terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan           Tinggi pada saat tanggal kelulusan, atau Perguruan Tinggi luar negeri, dengan persyaratan IPK: a. Sarjana (S-1) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima) dalam skala 4;b. Magister/Master (S-2) minimal 3,00 (tiga koma nol nol) dalam skala 4; c. Doktor (S-3) minimal 3,00 (tiga koma nol nol) dalam skala 4.
  3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan), dan/atau bahasa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lainnya (Arab, Spanyol, Cina, Perancis, dan           Rusia), dan/atau bahasa asing lainnya (Jepang).
III. PERSYARATAN KHUSUS PENGADMINISTRASI KEUANGAN, PENGADMINISTRASI ANGGARAN, VERIFIKATOR DAN BENDAHARA
  1. Berijazah Diploma 3 (D-3): a. Jurusan Akuntansi b. Jurusan Manajemen c. Administrasi Negara  d. Administrasi Niaga
  2.  Lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang program studinya terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan  Tinggi pada saat tanggal kelulusan, atau Perguruan Tinggi di luar negeri, dengan persyaratan IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima) pada skala 4.
  3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan).
IV. KELENGKAPAN ADMINISTRASI
  1. Berkas lamaran yang dikirimkan adalah sebagai berikut: a. Surat Pernyataan Menyetujui Ketentuan dan Syarat yang telah dicetak dan dibubuhi meterai Rp. 6.000,00 (dapat diunduh di https://e-cpns.kemlu.go.id); b. Fotokopi KTP yang masih berlaku/Fotokopi Paspor dan izin tinggal yang masih berlaku bagi Pelamar dari luar negeri; c. Daftar Riwayat Hidup terakhir sesuai dengan format yang telah disediakan;d. Satu lembar fotokopi ijazah (D-3, S-1, S-2 atau S-3) berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisasi (cap basah dan tanda tangan asli). Untuk lulusan universitas luar negeri wajib melampirkan Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.e. Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah Sementara tidak diterima. Catatan: bagi lulusan luar negeri yang memiliki transkrip nilai tidak berskala 4 wajib melampirkan konversi transkrip nilai dalam skala 4.  f. Fotokopi Akte Kelahiran; g. Pas foto terakhir ukuran 4x6 cm (berwarna) sesuai dengan kriteria foto sebanyak 3 lembar. Harap tuliskan nama pelamar di bagian belakang foto.
  2. Dokumen yang harus disampaikan pada tahap akhir (ujian wawancara substansi/tes psikologi) sebagai berikut: a. Asli surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya terbaru (3 bulan terakhir), tidak buta warna, keterangan tidak hamil, yang dikeluarkan oleh dokter; b. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK); c. Asli Surat Keterangan Pencari Kerja (Kartu Kuning).
  3.  Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas tidak akan diproses;
  4.  Pelamar diminta untuk tidak melampirkan dokumen-dokumen lain selain yang tersebut pada butir a.
V. LAIN-LAIN
  1. Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri TA 2014 tidak memungut biaya apapun dalam Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri.
  2.  Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri TA 2014 tidak mengadakan surat-menyurat.
  3. Kementerian Luar Negeri tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Kementerian Luar  Negeri atau Panitia.
  4.  Informasi resmi yang terkait dengan Seleksi Penerimaan CPNS Kemlu TA 2014 hanya dapat dilihat dalam situs https://e-cpns.kemlu.go.id. Para Pelamar diwajibkan untuk terus memantau situs dimaksud.
  5. Kelulusan pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi Pelamar.
  6.  Bagi peserta yang lulus setiap tahapan diwajibkan mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Peserta yang tidak hadir pada tahap seleksi berikutnya dinyatakan GUGUR.
  7. Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi, tetapi mengundurkan diri dikenakan sanksi dengan diwajibkan mengganti biaya yang     telah dikeluarkan Panitia sebesar Rp 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah) untuk disetorkan kepada Kas Negara.
  8. Lamaran yang dikirimkan kepada Kementerian Luar Negeri sebelum ditayangkannya pengumuman ini dianggap tidak berlaku.
  9.  Keputusan Panitia dalam hal kelulusan Pelamar pada setiap tahapan tes bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  10.  Apabila Pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, baik pada setiap tahapan tes/ujian maupun setelah dinyatakan lulus dan diangkat menjadi CPNS/PNS di Kementerian Luar Negeri, maka Kementerian Luar Negeri berhak membatalkan keikutsertaan Pelamar pada tahapan ujian dan/atau  memberhentikan sebagai CPNS/PNS Kementerian Luar Negeri, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwenang karena telah memberikan keterangan palsu.
  11.  Bagi peserta yang dinyatakan lulus, selama mengikuti pendidikan, peserta Diklat tidak diperkenankan mengambil cuti dan bersedia menaati peraturan dan  ketentuan yang berlaku di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar Negeri.

sumber: https://panselnas.menpan.go.id/index.php/14-formasi/pusat/486-kementerian-luar-negeri

Blog, Updated at: 7:04:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Takut Ketinggalan InfoLoker Baru ? Langganan Lewat email saja, Sistem Kami akan kirimkan Gratis !

\
\

CARI LOWONGAN KERJA MU DI SINI !

Gabung di Fans Page Kami

KATA - KATA BIJAK HARI INI !

Tidak ada rahasia untuk sukses. Sukses hanyalah hasil dari persiapan, kerja keras, ketekunan, dan belajar dari kegagalan

WWW.LOKERBARU.INFO

WWW.LOKERBARU.INFO

HITSTAT

Latihan Soal CPNS Kementerian, Klik Gratis !